Batas Waktu
Pengumpulan Paper
Selasa, 31 Juli 2018 - 23:00

Forum Riset Ekonomi dan Keuangan Syariah


Rabu, 11 April 2018 - 13:41

Sebagai sistem keuangan dan industri yang tergolong baru, keuangan syariah perlu ditopang oleh aktivitas riset dan pengembangan berkualitas agar tumbuh lebih cepat, stabil, efisien, dan berdaya saing sehingga dapat berperan penting dan berkontribusi optimal dalam perekonomian nasional. Area riset keuangan syariah yang belum dikembangkan masih sangat luas. Akademisi dan peneliti di bidang ini perlu ditingkatkan jumlah dan kualitasnya agar dapat mengimbangi laju kebutuhan industri keuangan syariah yang semakin pesat.

Dalam pelaksanaan Forum Riset tahun 2018 ini, OJK dan DPP Ikatan Ahli Ekonomi Islam Indonesia (IAEI) bekerja sama dengan Universitas Syiah Kuala sebagai perguruan tinggi tuan rumah menyelenggarakan Forum Riset Ekonomi dan Keuangan Syariah (FREKS) XVI dengan tema “Mendorong Kontribusi Sektor Jasa Keuangan Syariah dalam Pemerataan Kesejahteraan Masyarakat” pada tanggal 18-20 September 2018 di Banda Aceh.

Ragam kegiatan dalam FREKS 2018 terdiri dari presentasi paper penelitian yang diseleksi dari Call for Papers, kegiatan prominent scholar lecture oleh pakar keuangan syariah internasional, general lecture oleh pakar keuangan syariah nasional, dan dua side event yaitu:

1. Forum Koordinasi IAEI

Forum Koordinasi dilaksanakan dengan bekerjasama dengan IAEI dan melibatkan Kementerian Riset Teknologi Dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia serta Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, Kementerian Agama. Peserta pada Forum IAEI merupakan rektor/dekan dan dosen Perguruan Tinggi Umum dan Agama Islam yang memiliki Program Studi Ekonomi dan Keuangan Syariah. Pelaksanaan kegiatan Forum Koordinasi IAEI akan diselenggarakan pada hari pertama kegiatan FREKS 2018.

2. Seminar Forum Silaturahim Studi Ekonomi Islam se-Indonesia (FoSSEI)

Kegiatan ini dilaksanakan bekerja sama dengan FOSSEI yang dikoordinir oleh Kelompok Studi Ekonomi Islam (KSEI) setempat. Dalam Kegiatan ini, Host University menjadi salah satu dari steering comitte dan menyediakan lokasi penyelenggaraan kegiatan tersebut. Narasumber yang dihadirkan merupakan usulan dari FOSSEI atas persetujuan OJK. Pelaksanaan kegiatan Seminar FOSSEI dilaksanakan pada hari ketiga kegiatan FREKS 2018.