Batas Waktu
Pengumpulan Paper
Minggu, 23 Agustus 2020 - 23:59

FREKS 2020


Jumat, 1 September 2017 - 8:44

Perkembangan keuangan syariah menunjukkan prestasi yang menggembirakan. Perkembangan ini salah satunya dapat dilihat dari peningkatan nilai aset keuangan syariah yang cukup signifikan. Berdasarkan data per 31 Desember 2019, total aset keuangan syariah mencapai  Rp1.468,12 triliun (tidak termasuk saham syariah), yaitu naik sebesar 14,05% dibanding tahun sebelumnya dari Rp1.287,7 triliun. Meskipun aset keuangan syariah terus berkembang, OJK terus berupaya untuk mengembangkan industri keuangan syariah dengan melibatkan seluruh stakeholder termasuk dari kalangan akademisi.

Dalam mengembangkan keuangan syariah, OJK memerlukan masukan dan pandangan dari kalangan akademisi. Oleh karena itu, perlu ditingkatkan peran akademisi dan peneliti untuk melakukan penelitian di bidang keuangan syariah yang meliputi perbankan syariah, pasar modal syariah, dan industri keuangan non-bank syariah. Hal ini diharapkan akan adanya peningkatan kualitas dan kuantitas penelitian terkait keuangan syariah yang dapat memperkaya ide dan gagasan yang dapat menjadi masukan dalam pengembangan keuangan syariah di Indonesia.

Berangkat dari hal tersebut, di tahun 2020 ini, OJK dan DPP Ikatan Ahli Ekonomi Islam Indonesia (IAEI) bekerja sama dengan Universitas Diponegoro sebagai perguruan tinggi tuan rumah menyelenggarakan Forum Riset Ekonomi dan Keuangan Syariah (FREKS) XVIII dengan tema “Membangun ekonomi dan Keuangan Syariah yang Berkelanjutan Melalui Sinergi Pengembangan Industri Halal, Adopsi Teknologi, dan Inklusi Keuangan” di Kota Semarang.

Ragam kegiatan dalam FREKS 2020 terdiri dari presentasi paper para finalis Call for Papers, kegiatan prominent scholar lecture oleh pakar keuangan syariah internasional, general lecture oleh pakar keuangan syariah nasional, dan dua side event yaitu:

1.  Forum Koordinasi IAEI

Forum Koordinasi dilaksanakan dengan bekerjasama dengan IAEI dan melibatkan Kementerian Riset Teknologi Dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia serta Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, Kementerian Agama. Peserta pada Forum IAEI merupakan rektor/dekan dan dosen Perguruan Tinggi Umum dan Agama Islam yang memiliki Program Studi Ekonomi dan Keuangan Syariah. Pelaksanaan kegiatan Forum Koordinasi IAEI akan diselenggarakan pada hari pertama kegiatan FREKS 2020.

2.  Seminar Forum Silaturahim Studi Ekonomi Islam se-Indonesia (FoSSEI)

Kegiatan ini dilaksanakan bekerja sama dengan FOSSEI yang dikoordinir oleh Kelompok Studi Ekonomi Islam (KSEI) setempat. Dalam Kegiatan ini, Host University menjadi salah satu dari steering comitte dan menyediakan lokasi penyelenggaraan kegiatan tersebut. Narasumber yang dihadirkan merupakan usulan dari FOSSEI atas persetujuan OJK. Pelaksanaan kegiatan Seminar FOSSEI dilaksanakan pada hari ketiga kegiatan FREKS 2020