Batas Waktu
Pengumpulan Paper
Minggu, 22 April 2018 - 23:55

Sistematika Usulan Riset


Selasa, 30 Januari 2018 - 14:40

A. Sistematika Usulan Riset

Proposal riset ditulis dalam bahasa Indonesia sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) maksimal sebanyak 25 (dua puluh lima) halaman tidak termasuk halaman sampul dan lampiran. Proposal ditulis menggunakan huruf Times New Roman ukuran 12 dengan jarak baris 1,5 spasi kecuali untuk ringkasan ditulis dengan jarak baris satu spasi. Proposal riset ditulis pada kertas ukuran A4 serta mengikuti sistematika sebagai berikut.

Ringkasan maksimal 1 (satu halaman) mencakup tujuan riset serta metode yang akan dipakai untuk mencapai tujuan riset tersebut. Ringkasan harus mampu menguraikan secara cermat dan singkat tentang riset yang diusulkan dan manfaat riset bagi pemangku kepentingan.
  • Bab 1 Pendahuluan
Pendahuluan menjelaskan latar belakang yang melandasi topik riset dan tujuan yang ingin dicapai dari riset ini. Masalah yang akan diteliti harus dirumuskan secara jelas disertai dengan pendekatan dan konsep untuk menjawab permasalahan, pengujian hipotesis atau dugaan yang akan dibuktikan. Dalam perumusan masalah dapat dijelaskan definisi, asumsi, dan lingkup yang menjadi batasan riset.
  • Bab 2 Tinjauan Pustaka
Tinjauan pustaka memuat sumber pustaka acuan yang relevan dan terkini dengan mengutamakan hasil riset pada jurnal ilmiah. Pada bab ini juga dijelaskan hasil studi terdahulu dan bagaimana kaitannya dengan riset yang diajukan.
  • Bab 3 Metode Riset
Metode Riset mencakup kerangka riset secara terperinci meliputi garis besar pendekatan riset, metode dan prosedur pengumpulan data, analisis dan pengambilan kesimpulan yang akan digunakan dalam mencapai tujuan riset yang disebutkan.
  • Daftar Pustaka
Setiap referensi yang digunakan dalam proposal riset harus ditampilkan pada Daftar Pustaka. Daftar Pustaka diketik dengan jarak baris 1 spasi, berurutan secara alfabetis tanpa nomor. Jika literatur ditulis oleh satu orang, nama penulis ditulis nama belakangnya terlebih dulu, kemudian diikuti inisial nama depan dan nama tengah, dilanjutkan penulisan tahun, judul, dan identitas lain dari literatur/pustaka yang dirujuk. Lampiran berisi daftar riwayat hidup/curriculum vitae, rincian anggaran riset, lini waktu penyelesaian riset termasuk jadwal rencana kegiatan di kantor OJK.

Seluruh gambar dan tabel ditempatkan di antara bagian teks yang membahasnya dengan posisi simetris di tengah halaman dan diberi judul. Judul tabel ditulis di atas tabel berjarak 1,5 spasi, simetris ditengah terhadap tabel yang bersangkutan, dan mengikuti nomor tabelnya. Judul gambar ditulis di bawah gambar berjarak 1,5 spasi, simetris di tengah terhadap gambar yang bersangkutan, dan mengikuti nomor gambarnya.

Persamaan matematika ditulis dalam bentuk yang lazim dalam matematika dengan tabulasi 1,5 cm dari kiri dan harus mempunyai nomor yang diletakkan disebelahnya dan rata kanan terhadap batas kanan pengetikan.