Batas Waktu
Pengumpulan Paper
Minggu, 22 April 2018 - 23:55

iB Research Fellowship Program 2018


Senin, 29 Januari 2018 - 11:48

A. Latar Belakang

Sebagai bagian dari industri keuangan syariah yang baru tumbuh, industri perbankan syariah perlu ditopang oleh aktivitas riset dan pengembangan yang berkualitas. Hal ini untuk mendorong industri perbankan syariah agar dapat tumbuh secara berkelanjutan, stabil, efisien, dan berdaya saing sehingga dapat memberikan kontribusi nyata bagi perekonomian nasional. Area riset di bidang perbankan syariah yang belum dikembangkan masih cukup luas. Oleh karena itu, peran peneliti dan akademisi di bidang ini perlu ditingkatkan, baik secara kuantitas maupun kualitasnya. Hal tersebut diperlukan untuk menjawab kebutuhan pengembangan kebijakan sektor perbankan syariah sekaligus mengimbangi tuntutan ekspansi industri perbankan syariah. Dalam rangka mendorong kebijakan berbasis riset (research-based policy), Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengembangkan berbagai wadah riset, salah satunya di antaranya adalah iB Research Fellowship Program 2018. Dalam kegiatan ini, peneliti dan akademisi diberikan kesempatan untuk melakukan kolaborasi riset di bidang perbankan syariah dengan bersama otoritas.

B. Maksud dan Tujuan

Maksud kegiatan iB Research Fellowship Program 2018 adalah dihasilkannya riset yang mendukung perumusan kebijakan dan regulasi yang memenuhi standar akademik. Tujuan kegiatan ini adalah sebagai berikut:

  1. meningkatkan kuantitas dan kualitas riset di bidang perbankan syariah;
  2. memberikan pembaruan informasi dan pengetahuan mengenai perkembangan kinerja, aktivitas, dan kebijakan perbankan syariah kepada kalangan peneliti dan akademisi; dan
  3. memperluas jejaring kolaborasi riset sekaligus mendorong peningkatan partisipasi peneliti dan akademisi dalam pengembangan industri perbankan syariah.